Apa itu domain? Domain adalah alamat kantor atau toko kita di dunia digital (website). Sepertinya halnya kantor atau toko fisik, yang juga memiliki alamat lengkap. Domain bersifat unik, hanya ada 1 domain untuk 1 pemilik. Nama domain berfungsi untuk mempermudah akses ke websitemu. Kalau pakai alamat IP seperti 162.221.3.1 tentu rumit dan susah menghapalnya bukan?

1. Gunakan Ekstensi Nama Domain yang Tepat.

Saat Anda memilih ekstensi nama domain, Anda dapat yakin akan satu hal: “.com” masih yang terbaik. Peruntukkan domain ini adalah untuk commercial/bisnis. Menurut penelitian dari Domain Name Stat, 43% dari semua domain memiliki ekstensi “.com”. Mengapa? Ya, “.com” adalah yang paling akrab dan paling mudah diingat.

Jika bidang domain anda pendidikan, maka pemilihan nama domain yang tepat adalah .sch (school) atau . ac (academy). Meskipun ada banyak situs web yang sukses dengan “.net” dan “.org”, situs web Anda mungkin akan lebih baik jika memiliki ekstensi “.com”. Saran saya, pilih .com. Jika itu dipakai, coba .net atau .org

Jika ini di pakai juga, Anda sebaiknya melakukan brainstorming nama domain baru seperti .top karena nama ekstensi domain yang unik dan jarang dipakai akan mudah diindex oleh google lewat search engine optimization, sehingga akan lebih cepat naik rangkingnya (dengan catatan pemilihan keyword juga akan berpengaruh)

 
 

      2. Brandable Over Generic

Kreatif dan bermerek selalu lebih baik daripada generik. Ingat, nama domain Anda menentukan pengunjung akan menemukan, mengingat, dan membagikan perusahaan Anda di web. Ini adalah dasar dari merek Anda. Inilah perbedaan utama antara nama domain generik dan bermerek. Nama domain bermerek unik dan menonjol, sementara nama domain generik biasanya diisi dengan kata kunci dan tidak mudah diingat.

Berikut cara menemukan nama domain yang lebih bermerek:

  • Buat kata-kata baru. Anda dapat membuat kata-kata baru Anda yang menarik. Itulah yang dilakukan Google, Bing, dan Yahoo.
  • Gunakan kata-kata yang ada. Anda dapat menggunakan thesaurus untuk menemukan kata-kata menarik yang sesuai dengan merek Anda.
  • Gunakan generator nama domain. Alat-alat ini dapat membantu anda membuat nama domain unik dan dapat merek dari ide dan kata kunci domain awal Anda.

      3. Lebih Singkat lebih Baik

Secara umum, jika menyangkut panjang domain Anda, lebih singkat/pendek lebih baik. Semua data ini menunjukkan bahwa Anda harus menjaga nama domain Anda tetap ringkas.

Bidik 6-14 karakter – dan ingat: semakin pendek, semakin baik. Kemungkinan besar nama domain yang lebih pendek diambil dalam waktu yang lama dan dijual dengan harga ribuan dolar. Jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu yang pendek, buatlah mereknya.

4. Pastikan Mudah untuk Ditulis

Pikirkan beberapa situs web paling populer di dunia. Apa yang terlintas dalam pikiran? Google, Facebook, Twitter, Instagram, Yahoo, CNN, dan lain sebagainya. Satu kesamaan besar yang mereka miliki adalah mereka semua mudah dieja. Pengunjung Anda harus bisa menulis nama domain Anda tanpa masalah. Bisa saja pengunjung potensial salah ketik domain Anda dan berakhir di situs web yang berbeda.Inilah cara mudah untuk menguji.

Beri tahu 10 orang nama domain potensial Anda dan minta mereka mengejanya. Jika lebih dari beberapa orang kesulitan mengejanya, Anda perlu menyederhanakannya.

5. Pastikan Mudah Diucapkan

Semudah nama domain Anda menggulung ujung jari Anda, itu harus menggulung ujung lidah Anda. Ini memudahkan pengunjung untuk membagikan nama domain Anda dan memudahkan Anda untuk membagikan situs Anda dengan teman dan pelanggan potensial. Anda dapat menguji ini dengan cara yang sama seperti dengan “ejaan”.

Tulis nama domain Anda di selembar kertas dan minta 10 orang untuk mengucapkannya. Jika lebih dari beberapa orang kesulitan mengucapkannya, Anda harus menyederhanakannya. Inilah yang harus diingat: Anda ingin nama domain Anda mudah diteruskan oleh Anda dan orang lain. Satu-satunya cara agar hal itu dimungkinkan adalah jika 1) mudah mengeja dan 2) mudah diucapkan.

6. Hindari Tanda Hubung dan Angka

Ingat bagaimana nama domain Anda harus mudah dieja dan diucapkan? Tanda hubung dan angka membuatnya lebih sulit. Bayangkan menjelaskan Facebook jika ada tanda hubung di sana. Pernahkah Anda melihat situs baru Face-Book ini ? Ngomong-ngomong ada tanda hubung di sana, di antara ‘Wajah’ dan ‘Buku.’ Facebook mungkin tidak akan menyebar begitu cepat jika itu yang terjadi.

7. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Kata Kunci yang Mencerminkan Situs Web Anda

Situs web kami terutama tentang pengembangan web atau membantu orang membuat situs web. Karenanya kami memilih untuk menambahkan nama yang mencerminkan semuanya – “situs web”. Jelas website.com (atau .org, .net) tidak lagi tersedia, kami cukup memilih “WebsiteSetup”. Kata kunci dapat membantu meningkatkan SEO Anda – Anda perlu melangkah hati-hati di sini.

Jika Anda mencoba memasukkan kata-kata kunci dengan canggung ke dalam domain Anda, itu dianggap umum (seperti yang kita bahas sebelumnya). Jika Anda memilih untuk menggunakan kata kunci, letakkan kata kunci di awal domain Anda. Di situlah mereka akan menjadi yang paling kuat untuk peringkat Anda. Anda dapat menemukan kata kunci dengan alat-alat seperti Google Keyword Planner dan Keywordtool.io.

8. Berpikir Jangka Panjang dalam Jangka Pendek

Apakah Anda siap menikah dengan domain Anda? Karena itu akan menjadi salah satu elemen terbesar yang menentukan bisnis dan merek Anda selama bertahun-tahun.

Jika Anda memutuskan untuk mengubah domain di masa mendatang, Anda akan dikenakan biaya uang, peringkat, dan peringkat SEO. Singkatnya, ini sangat melelahkan bukan ? Saat Anda memilih domain Anda, pikirkan jangka panjang.

Jika Anda berpikir ada kemungkinan Anda dapat memperluas ke layanan pemasaran digital yang lebih umum di masa depan, seperti pemasaran email, PPC, dll. Maka mungkin bijaksana untuk mempertimbangkan kembali nama domain Anda. Karena itu, ingatlah visi jangka panjang Anda saat memilih nama domain Anda.

9. Periksa apakah itu bukan merek dagang atau sudah digunakan

Sebelum Anda melanjutkan dengan nama domain tertentu, periksa untuk melihat apakah nama itu tersedia di situs media sosial, serta apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama tersebut.

Untuk membangun merek Anda, sangat ideal untuk memiliki nama yang sama di seluruh domain dan jejaring sosial Anda. Ini membangun keakraban dan memudahkan pengunjung, penggemar, dan pelanggan menemukan Anda di web.

Hindari masalah hukum; Anda harus menjauh dari nama yang sudah memiliki merek dagang.

Bagaimana Anda dapat dengan cepat memeriksa jaringan sosial dan merek dagang untuk nama domain potensial Anda?

Sangat mudah dengan mengunjungi amrEEmart Cari nama domain potensial Anda – ini akan menunjukkan kepada Anda jika tersedia di lebih dari 25 jejaring sosial populer dan jika ada merek dagang apa pun yang sudah terdaftar untuk nama tersebut.

Jika itu diambil, pertimbangkan untuk mengubahnya sehingga Anda dapat membuat profil media sosial asli.

10.  Gunakan Generator Nama Domain saat sudah Kehabisan Ide.

Pada titik ini, Anda setidaknya harus memiliki gagasan umum tentang beberapa kata yang mungkin untuk dimasukkan ke dalam domain Anda. Beberapa dari kata-kata itu mungkin sudah diambil, merek dagang, atau hanya tidak memiliki “suara” yang Anda cari. Di situlah generator nama domain ikut bermain. Generator ini dapat mengubah ide Anda menjadi domain segar yang tersedia.

Berikut beberapa generator nama domain favorit kami untuk dicoba:

  • Wordoid. Alat ini memungkinkan Anda untuk memasukkan kata; itu akan muncul dengan ide-ide yang mengandung kata itu, mulai dengan kata itu atau diakhiri dengan kata itu.
  • Landomain. Alat ini cocok dengan kata kunci Anda dengan kata kunci lain dan menghasilkan daftar domain yang tersedia.
  • DomainHole. Alat ini memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci, menemukan domain kadaluarsa, menghasilkan nama baru, dan banyak lagi.

Apakah artikel ini bermanfaat? Yuk kita share supaya lebih bermanfaat.

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Chat with Abu Amree
1
Assalamualaikum, apa yang bisa Kami bantu ?
Powered by