Apa Perbedaan Antara Aplikasi Seluler dan Aplikasi Web?

Ada kesalahpahaman umum bahwa aplikasi seluler asli dan aplikasi web adalah hal yang sama tetapi sebenarnya, keduanya sangat berbeda. Tidak hanya ada perbedaan untuk pengguna, mereka juga dikembangkan dan digunakan secara berbeda, jadi penting untuk mengetahui keduanya. Namun, pertama-tama dapat bermanfaat untuk membedakan antara aplikasi web dan situs web.

Sederhananya, aplikasi web adalah situs web yang dirancang dengan mudah untuk diakses dari berbagai gadget, baik pc, laptop, tablet, maupun smartphone. Responsif (menyesuikan tampilannya) dilihat pada berbagai gadgets Anda. Ada banyak jenis situs web di luar sana, beberapa di antaranya statis dan jarang diperbarui, sementara yang lain dinamis dan memiliki banyak aktivitas. Aplikasi web khususnya aplikasi yang dapat diunduh, tetapi semuanya dari kenyamanan browser ponsel Anda. Namun apa perbedaan antara aplikasi seluler dan aplikasi web? Mari kita lihat.

Aplikasi seluler VS Aplikasi web

Aplikasi seluler asli dibuat untuk platform tertentu, seperti iOS untuk Apple iPhone atau Android untuk perangkat Samsung dan lainnya. Mereka diunduh dan diinstall melalui app store dan memiliki akses ke sumber daya sistem, seperti GPS dan fungsi kamera. Aplikasi seluler hidup dan berjalan di perangkat itu sendiri. Snapchat, Instagram, Google Maps, dan Facebook Messenger adalah beberapa contoh aplikasi seluler yang populer.

Aplikasi web, di sisi lain, diakses melalui browser internet dan akan beradaptasi dengan perangkat apa pun yang Anda lihat. Mereka bukan asli sistem tertentu, dan tidak perlu diunduh atau diinstal. Karena sifat responsif mereka, mereka memang terlihat dan berfungsi seperti aplikasi seluler dan di sinilah kebingungan muncul.

Mari kita pertimbangkan aplikasi Amreemart vs. aplikasi web amreemart.com. Jika Anda menginstal aplikasi amreemart di ponsel Anda dan kemudian mengakses amreemart.com melalui browser di ponsel Anda, Anda akan melihat bahwa aplikasi web telah dibuat agar terlihat dan terasa seperti aplikasi seluler.

Meskipun desainnya mirip dan mengikuti font dan skema warna yang sama, ini pada dasarnya adalah dua produk yang berbeda. Aplikasi web memerlukan koneksi internet aktif agar dapat berjalan, sedangkan aplikasi seluler dapat bekerja secara offline. Aplikasi seluler memiliki keuntungan karena lebih cepat dan lebih efisien, tetapi mereka mengharuskan pengguna mengunduh pembaruan secara teratur. Aplikasi web akan memperbarui sendiri.

Di atas semua itu, aplikasi seluler dan aplikasi web dirancang dan dibangun dengan sangat berbeda. Untuk lebih jauh membedakan keduanya, ada baiknya untuk memahami bagaimana masing-masing dikembangkan.

Bagaimana aplikasi seluler dibangun?

Aplikasi seluler lebih mahal untuk dikembangkan daripada aplikasi web, dan karena mereka spesifik platform, meluncurkan aplikasi di berbagai platform cukup banyak berarti dimulai dari awal dalam hal desain dan pengembangan. Namun, mereka jauh lebih cepat, dan cenderung lebih maju dalam hal fitur dan fungsionalitas.

Aplikasi seluler asli dibuat menggunakan bahasa tertentu dan Lingkungan Pengembangan Terpadu (IDE : Integrated Development Environment) tergantung pada platform yang dimaksud. Perangkat Apple dijalankan pada sistem operasi iOS, sehingga aplikasi Apple dibuat menggunakan Objective-C atau Swift, dan Xcode IDE. Aplikasi asli untuk Android ditulis dalam Java dan biasanya dibuat menggunakan Android Studio atau Eclipse IDE.

Apple dan Google juga menyediakan alat pengembangan mereka sendiri, elemen antarmuka dan perangkat pengembangan perangkat lunak (SDK : Software Development Kit) yang dapat digunakan pengembang untuk membangun aplikasi seluler asli.

Bagaimana aplikasi web dibangun?

Aplikasi web cenderung dibangun menggunakan JavaScript, CSS dan HTML5. Tidak seperti aplikasi seluler, tidak ada kit pengembangan perangkat lunak standar untuk membuat aplikasi web. Namun, pengembang memiliki akses ke template. Dibandingkan dengan aplikasi seluler, aplikasi web biasanya lebih cepat dan lebih mudah dibangun tetapi mereka lebih sederhana dalam hal fitur.

Aplikasi web progresif/hybrid yang terbaik dari keduanya?

Mengingat tren pengembangan web terbaru, patut juga diperhatikan aplikasi web progresif. Meskipun aplikasi web standar tidak memiliki fungsionalitas yang dapat ditawarkan aplikasi seluler, aplikasi web progresif ada di antaranya.

Tidak seperti aplikasi web standar (dan lebih seperti aplikasi seluler asli), aplikasi web progresif dapat bekerja offline, dan memuat dengan sangat cepat. Hal ini terutama disebabkan oleh kemajuan dalam kecanggihan browser modern: berkat fitur Cache Aplikasi, situs web sekarang dapat menyimpan volume data yang besar secara offline. Oleh karena itu aplikasi web progresif dapat digunakan tanpa koneksi internet, memberikan mereka beberapa fungsi aplikasi seluler asli yang khas seperti pemberitahuan push, video asli dan tangkapan audio, dan pemutaran video asli.

Sama seperti aplikasi web standar, aplikasi web progresif tidak memerlukan pengunduhan atau pemasangan. Dalam banyak hal, mereka tampaknya menawarkan yang terbaik dari kedua dunia.

Aplikasi Seluler vs. Aplikasi Web:

Sekarang kita tahu perbedaan mendasar antara aplikasi seluler dan web, kita dapat merangkum kelebohan dan kekurangan dari masing-masing:

Aplikasi seluler asli

Kelebihan :

  • Lebih cepat dari aplikasi web
  • Fungsionalitas lebih besar karena mereka memiliki akses ke sumber daya sistem
  • Dapat bekerja secara offline
  • Aman dan terjamin, aplikasi asli harus terlebih dahulu disetujui oleh playstore
  • Lebih mudah dibangun karena ketersediaan alat pengembang, elemen antarmuka, dan SDK

Kekurangan :

  • Lebih mahal untuk membangun daripada aplikasi web
  • Kompatibilitas dengan platform yang berbeda (yaitu iOS dan Android) biasanya berarti merancang dan membangun aplikasi dari awal
  • Mahal untuk memelihara dan memperbarui
  • Mungkin terbukti sulit untuk mendapatkan aplikasi asli yang disetujui oleh app store

Aplikasi web

Kelebihan :

  • Tidak perlu diunduh atau diinstal, aplikasi web berfungsi dalam browser
  • Mudah dirawat,  mereka memiliki basis kode umum terlepas dari platform seluler
  • Akan memperbarui sendiri
  • Lebih cepat dan lebih mudah dibangun daripada aplikasi seluler
  • Tidak memerlukan persetujuan toko aplikasi, sehingga dapat diluncurkan dengan cepat

Kekurangan :

  • Tidak bekerja offline
  • Lebih lambat dari aplikasi seluler, dan kurang canggih dalam hal fitur
  • Mungkin tidak dapat ditemukan seperti aplikasi seluler karena tidak terdaftar dalam basis data tertentu, seperti toko aplikasi
  • Kualitas dan keamanan tidak selalu dijamin, aplikasi web tidak perlu disetujui oleh app store

Jadi sekarang Anda tahu perbedaan antara aplikasi seluler asli dan aplikasi web. Jika Anda berminat memiliki website atau aplikasi android yang dinamis dan responsif, Anda bisa menghubungi Kami untuk hasil yang optimal.

Chat with Abu Amree
1
Assalamualaikum, apa yang bisa Kami bantu ?
Powered by