Pertama, mari kita coba mengerti dulu kepanjangan dari UI maupun UX. UI adalah User Interface, sedangkan UX adalah User Experience. Keduanya berhubungan dengan tampilan pada sebuah website atau tampilan dari sebuah aplikasi.

Dari kepanjangannya, kita bisa tahu bahwa keduanya adalah hal yang berbeda. Sebelum membahas UI dan UX, mari kita pahami dahulu tentang HCI Concept. HCI adalah Human Computer Interaction. Hal ini berhubungan dengan UI atau UX Design.

Apa yang kita lakukan dengan device, komputer, atau laptop selama ini, merupakan bagian dari HCI. Saat anda menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone, gesture, dan anda bisa mendapatkan control penuh terhadap device tersebut, hal itu yang dinamakan interaksi.

Belajar UI/UX Design kita juga harus tahu interaksi 2 hal tersebut. USER & DEVICE. Kita harus mendesain bagaimana apps, web, dan platform yg lain bisa lebih mudah digunakan oleh user/manusia dari interface yang disuguhkan.

User Interface (UI)

User Interface Design atau yang bahasa Indonesianya itu Desain Antarmuka Pengguna adalah :

Desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

Untuk mudahnya UI Design adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang anda buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Kamu bisa mendapatkan inspirasi desain dari behance.com, dribbble.com atau webdesignserved.com.

Kita semua tahu bahwa sebuah pesawat dapat diterbangkan dari kokpitnya. UX untuk menerbangkannya ada di sana, tetapi kontrolnya diatur sedemikian rupa sehingga tidak intuitif, ia memiliki UI yang rumit.

Ketika ditanya dalam penelitian apakah orang menyukai ponsel Samsung atau ponsel Apple, kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka menyukai Apple. Meskipun kedua merek memiliki pengalaman yang sama tentang telepon sebagai suatu produk, sebagian besar orang lebih suka suatu produk daripada yang lain, mengapa?

Untuk pertanyaan mengapa mereka menyukai ponsel Apple lebih baik, jawabannya :
“Saya menemukan ponsel Apple jauh lebih intuitif.”

UI Apple tertanam dengan baik di UX, bahkan tidak terasa seperti itu ada di sana. Semakin mulus UI, produk semakin terasa intuitif.

Pekerjaan Desainer UI meliputi yang berikut:

Lihat dan rasakan:

  • Analisis Pelanggan
  • Desain Penelitian
  • Branding dan Pengembangan Grafis
  • Panduan Pengguna / Storyline

Ketanggapan dan
Interaktivitas:

  • Prototipe UI
  • Interaktivitas dan Animasi
  • Adaptasi untuk Semua Ukuran Layar Perangkat
  • Implementasi dengan Pengembang

Perancang antarmuka pengguna membuat teknologi mudah dan intuitif untuk digunakan orang. Perancang antarmuka pengguna bekerja pada area di mana pengguna berinteraksi langsung dengan produk.

Sesuatu yang tampak hebat tetapi sulit digunakan adalah contoh UI yang hebat dan UX yang buruk. Sementara Sesuatu yang sangat berguna yang terlihat mengerikan adalah contoh UX yang hebat dan UI yang buruk.

Ketika Anda memikirkannya, pemahaman orang awam di atas tidak sepenuhnya benar dari sudut pandang pengguna. Jika salah satu dari UI atau UX buruk, pengguna merasakan produk yang lebih rendah. Yang berarti, baik UI dan UX perlu lebih dari sekadar hebat secara individual. Hanya ketika mereka berbaur bersama tanpa salah satu dari keduanya, dan dengan perluasan produk, menjadi hebat.

User Experience (UX)                                                                                                                                       

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah:

Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

Bahasa gampangnya, UX Design itu proses membuat sebuah website atau aplikasi yang kamu buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

Dasar dari User Experience Design ini bisa kamu pelajari di situs uxapprentice.com (berbahasa inggris) atau di uniteux.com (situs blog berbahasa indonesia)

Banyak orang yang salah mendifisinikan bahwa UI adalah sama halnya dengan UX, padahal kedua hal tersebut berbeda namun saling terhubung. Dan tugas dari UI/UX Designer sendiri bukan berarti hanya bisa membuat design suatu aplikasi atau website yang keren dan bagus, tetapi bagaimana membuat aplikasi tersebut terlihat simple, dan mudah untuk digunakan orang pada umumnya.

Desain UX masih merupakan bidang yang relatif baru, dengan banyak perusahaan baru sadar bahwa mereka membutuhkan seseorang dalam daftar gaji jika mereka ingin berhasil menarik dan mempertahankan pelanggan.

Bagian dari kebingungan mungkin terletak pada namanya: desain UX. Bagi banyak orang, kata “desain” dikaitkan dengan kreativitas, warna, dan grafik, ketika definisi sesungguhnya terletak pada fungsionalitas, serta proses di balik pembuatan produk yang memberikan pengalaman tanpa batas bagi orang yang menggunakannya.

Pekerjaan desainer UX mungkin akan tampak misterius pada awalnya (“Tunggu, Anda tidak membuat gambar?”) Dan paling membingungkan. (“Mengapa desainer baru mewawancarai orang-orang?”)

Mengetahui siapa target pelanggannya, dan bagaimana menjadikan pengalaman mereka dengan produk Anda yang paling bermanfaat atau ‘menyenangkan’, adalah tanggung jawab tim desain UX. Dengan demikian, ‘fungsionalitas’, ‘usabilitas’, dan ‘kemampuan beradaptasi pengguna rank menempati peringkat tertinggi dalam prioritas mereka untuk produk.

Desainer UX umumnya berfokus pada pengembangan produk digital, tetapi teori dan proses dapat diterapkan untuk apa saja:

Strategi dan Konteks:

  • Analisis pesaing
  • Analisis Pelanggan
  • Struktur / Strategi Produk
  • Pengembangan Konten

Wireframing dan Prototyping:

  • Wireframing
  • Prototyping
  • Pengujian / Iterasi
  • Perencanaan Pembangunan
  • Eksekusi dan Analisis
  • Koordinasi dengan Desainer UI UX
  • Koordinasi dengan Pengembang
  • Melacak Sasaran dan Integrasi
  • Analisis dan Iterasi

Jadi, sebagian pemasar, sebagian desainer, manajer proyek sebagian; peran UX adalah kompleks, menantang dan beragam. Anda melihat bahwa iterasi produk, yang terhubung dengan analisis atau pengujian memang disebutkan dua kali. Tetapi pada kenyataannya Anda akan memasukkannya di antara setiap item lain dalam daftar.

Pada akhirnya tujuannya adalah untuk menghubungkan tujuan bisnis dengan kebutuhan pengguna melalui proses pengujian dan penyempurnaan terhadap apa yang memuaskan kedua sisi hubungan.

Chat with Abu Amree
1
Assalamualaikum, apa yang bisa Kami bantu ?
Powered by