Setelah Anda mengetahui apa yang ingin Anda jual dan telah membuat toko online (Cara Membuat Toko), selamat! Anda telah mengambil langkah pertama menuju kesuksesan. Pertanyaan selanjutnya adalah Bagaimana menjadi besar dengan anggaran pemasaran kecil? Untuk membuat toko Anda terlihat, dapatkan lalu lintas dan akhirnya dapatkan konversi. Di sinilah Pemasaran Digital masuk!

Pemasaran Digital mengacu pada Pemasaran melalui semua saluran digital seperti email, media sosial, pemasaran konten, jaringan seluler dan mesin pencari.

Anda tidak harus menjadi ahli pemasaran untuk menjadi sukses dalam Pemasaran Digital, yang Anda butuhkan adalah mendapat informasi dengan baik! Tentang target audiens Anda dan produk Anda, maka Anda bisa strategis dalam memilih alat apa yang akan digunakan dan mana yang akan diprioritaskan.

Isi :

  1. Content Marketing
  2. Search Engines
  3. Search Engine Optimization
  4. Conversion Rate Optimization
  5. Social Media
  6. Youtube
  7. Other Important Platforms
  8. Influencer Marketing
  9. Email Marketing
  10. Backlinks and Inbound Marketing
  11. Affiliates
  12. Mobile Marketing

Content Marketing (Pemasaran Konten)

Content marketing adalah proses menciptakan dan mendistribusikan konten yang bernilai (berkualitas tinggi) dan konsisten yang relevan dengan bidang Anda untuk menarik dan mempertahankan audiens yang terdefinisi dengan tujuan akhir untuk menghasilkan tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Cara yang sangat baik untuk mendapatkan lalu lintas ke situs web Anda dan menaikkan peringkat Google adalah dengan membuat konten Anda sendiri. Itu harus dimulai dengan menyelidiki apa yang dicari audiens yang ditargetkan, ini tidak menyangkut status mereka dalam proses penjualan.

Mereka biasanya meluangkan waktu untuk meneliti sebelum membuat keputusan untuk menjangkau dan membeli. Di situlah mereka harus menemukan konten Anda untuk membantu mereka memutuskan. Bahkan, konten informatif seperti blog dapat melakukan keajaiban selama tahap kesadaran merek awal. Untuk jangka panjang, jika Anda membuat konten berkualitas tinggi yang cukup, Anda bisa menjadi ahli di bidang Anda.

Search Engines (Mesin Pencari)

Untuk memiliki strategi yang baik untuk menggunakan mesin pencari sesuai keinginan Anda adalah cara yang baik untuk mendapatkan lalu lintas. Meskipun kami memiliki Bing dan Yahoo, ketika datang ke Search Engine, yang paling penting adalah Google. Ini menawarkan banyak kemungkinan dari kampanye iklan, misalnya, menggunakan Google Ads (Google Ads adalah bentuk paling penting dari Pay Per Click) dapat menjadi cara yang efisien untuk menjangkau audiens target.

Ketika datang ke Google ada dua jenis format peringkat yang penting untuk dipahami, organik dan berbayar. “Organik” sulit untuk dicapai, karena mengharuskan Anda untuk membuat konten Anda dan membangun lalu lintas selama periode waktu sebelum Google mulai membuat peringkat toko online Anda lebih tinggi. Sedangkan “Dibayar” adalah pilihan yang lebih mudah, namun, biayanya banyak jika digunakan secara luas. Itu selalu yang terbaik untuk memiliki campuran keduanya, tetapi dalam jangka panjang, organik adalah yang paling penting.

Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari)

Bahkan jika Anda memiliki toko online yang tampak cantik dan berjalan mulus, jika tidak terlihat oleh audiens target Anda, Anda tidak akan menjual banyak! Di situlah Search Engine Optimization (SEO) masuk. Kebanyakan orang beralih ke mesin pencari seperti Google untuk mencari produk dan layanan yang mereka inginkan. Tetapi jarang mereka melampaui beberapa halaman pertama dari hasil pencarian.

Karenanya, sangat penting bahwa Anda bekerja pada peringkat yang lebih tinggi dan lebih tinggi pada pencarian ini. Dengan bantuan SEO, Anda dapat meningkatkan peringkat situs web Anda, memberikannya kesempatan yang lebih baik untuk dikunjungi.

Ingatlah bahwa hasilnya tidak akan instan dan mesin pencari harus menemukan toko Anda berharga sebelum memeringkatnya dengan baik. Pada bulan-bulan pertama toko Anda, Anda biasanya akan mendapat peringkat rendah tetapi seiring waktu, dengan membangun konten yang bagus dan memiliki tautan dari situs web eksternal, peringkat Anda akan meningkat.

Conversion Rate Optimization (Optimasi Tingkat Konversi)

Untuk mendapat untung, yang terpenting adalah dapatkan konversi! Ada berbagai jenis konversi, yang ideal tentu saja bagi pengunjung untuk melakukan pembelian. Namun, ada tujuan lain yang dapat Anda tetapkan bagi pengunjung untuk diselesaikan di situs web Anda, yang nantinya akan menyebabkan pembelian selesai. Ini bisa berupa, misalnya, pengunjung yang mendaftar untuk uji coba gratis. berlangganan buletin atau pembaruan email Anda.

Saat berpikir untuk mengoptimalkan tingkat konversi, Anda harus tahu apa, di mana, dan siapa. Artinya, untuk mengoptimalkan apa, di mana untuk mengoptimalkannya dan untuk siapa Anda mengoptimalkannya? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus memiliki data. Mengumpulkan data dapat memberi Anda banyak wawasan tentang audiens Anda dan Anda dapat menargetkan mereka dengan lebih baik. Salah satu metode yang paling populer adalah dengan melakukan pengujian A / B di toko Anda, agar halaman arahan Anda dioptimalkan untuk mendapatkan konversi yang lebih baik.

Social Media (Media sosial)

Ini telah menjadi salah satu alat paling penting untuk pemasaran dan periklanan. Jelas, ketika Anda memiliki anggaran pemasaran yang kecil dan Anda berada dalam tahap awal untuk menjalankan bisnis Anda, karena jangkauannya yang luas dan penawaran yang murah, media sosial adalah jalan ke depan bagi Anda. Ada banyak platform media sosial saat ini, tetapi yang paling penting yang harus Anda fokuskan adalah sebagai berikut:

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • LinkedIn

Ingatlah bahwa pada platform media sosial, persaingan sangat ketat! Anda harus kreatif dan orisinal untuk menarik perhatian audiens. Ada banyak alat yang dapat digunakan untuk membuat posting yang menarik secara visual dan bertarget.

Anda dapat menggunakan canva untuk membuat posting Facebook Anda, yang merupakan cara mudah untuk membuat posting yang menarik. Cobalah mencampurnya sedikit, menggunakan gif, gambar, dan video. Jangan ulangi posting Anda!

Ketika datang ke Facebook, jangan lupa untuk menargetkan Grup Facebook yang relevan! Jika Anda dapat menemukan grup yang produk atau layanan Anda sedang dibahas, bergabunglah dan menjadi bagian darinya.

Youtube

Jelas tetapi efektif! Youtube adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan potensial, namun, iklan youtube dibayar dan mereka dapat membebankan banyak uang sehingga cara lain untuk menggunakan Youtube adalah dengan membuat saluran Anda sendiri.

Poin penting adalah fokus pada kualitas daripada kuantitas: alih-alih memiliki ratusan video di saluran Anda, cobalah untuk memiliki 10 atau 15 tetapi dengan kualitas yang sangat tinggi.

Ini tidak hanya akan membuat Anda lebih banyak dilihat tetapi akan membantu Anda membuat citra merek untuk perusahaan Anda. Semua video Anda seharusnya tidak hanya memiliki konten yang hebat, tetapi pengeditan dan presentasi harus terlihat profesional.

Other Important Platforms (Platform Penting Lainnya)

Seringkali ketika pemasaran orang online mengabaikan platform seperti Reddit dan Quora. Platform seperti ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lalu lintas ke situs web Anda.

Seringkali di tempat-tempat komunitas seperti Reddit dan Quora, pengguna cenderung saling bertanya tentang semua jenis topik, dan tidak peduli produk atau layanan apa yang Anda jual, kemungkinan besar telah dibahas di forum itu, sehingga penting untuk membuat arahan dari diskusi ini.

Berpartisipasilah dalam diskusi yang relevan, Tanya Jawab dan bila memungkinkan, tambahkan tautan ke situs web Anda. Ini tidak hanya membantu Anda mendapatkan pelanggan potensial, tetapi juga membantu untuk mengaitkan produk atau layanan tertentu dengan nama merek Anda dan terakhir, ini juga penting untuk peringkat Google.

Anda bahkan tidak perlu khawatir menghabiskan uang, ini gratis! Yang perlu Anda lakukan adalah meluangkan sedikit waktu dan melakukan riset.

Influencer Marketing (Pemasaran Influencer)

Influencer adalah seseorang yang memiliki kehadiran kuat di media sosial dan menggunakannya untuk mempengaruhi audiens. Hal ini mirip dengan dukungan selebriti, perbedaannya adalah influencer media sosial, biasanya tidak selebriti nyata tetapi memiliki banyak pengikut / jangkauan.

Perusahaan sering menggunakan Kampanye Pemasaran Influencer untuk meningkatkan pengenalan merek dan menyebarkan berita tentang produk / layanan mereka, yang mengarah ke pelanggan potensial.

Kampanye influencer harus selaras dengan strategi konten dan citra perusahaan Anda yang lebih besar. Anda perlu mengetahui tujuan yang ingin Anda capai dari kampanye itu dan mengawasi indikator-indikator seperti jangkauan Pemirsa, Tampilan, Keterlibatan, Peningkatan pengikut dan Penjualan dll untuk mengikuti kemajuan.

Sebelum Anda memilih influencer, lakukan riset dan pastikan ia cocok untuk Anda. Gunakan platform seperti Klear untuk terhubung dengan influencer sosial yang sesuai. Biarkan influencer melakukan sebagian besar pekerjaan kreatif, karena mereka akan tahu cara terbaik untuk mendekati audiens mereka.

Email Marketing (Email Pemasaran)

Di samping media sosial, orang-orang juga sangat aktif di akun email mereka. Pemasaran Email adalah salah satu strategi pemasaran paling efektif yang dapat Anda gunakan. Cara paling sederhana untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan “email siklus hidup”.

Ini adalah teknik otomatis yang dimulai tepat setelah pelanggan melakukan tindakan terhadap Anda. Misalnya, jika mereka mendaftar untuk buletin, baru saja melakukan pembelian atau belum menyelesaikan pembelian, mengirim email (otomatis) akan memberi tahu mereka tentang promosi lebih lanjut, memberi mereka gambaran umum tentang detail pesanan atau mengingatkan pelanggan untuk menyelesaikan proses pembelian.

Coba konfigurasikan email Anda dengan markup schema.org, dengan Markup Email ini, Anda dapat memiliki email yang lebih kaya dengan informasi dan presentasi yang lebih baik. Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan interaksi langsung, untuk mengambil tindakan atau melihat informasi tanpa harus membuka email dan mencari konten di dalamnya.

Backlinks and Inbound Marketing (Tautan Balik dan Pemasaran Masuk)

Strategi ini berfokus pada memungkinkan audiens target Anda untuk menemukan Anda dan sampai ke toko online Anda berdasarkan konten yang mereka dapatkan dari sumber selain toko online Anda atau bahkan mesin pencari. Bagaimana ini dilakukan? Pertama, Anda harus menemukan sumber eksternal relevan berkualitas tinggi yang dapat Anda gunakan untuk mengarahkan pengguna ke toko online Anda. Beberapa sumber populer ini meliputi:

  • Blog dan artikel
  • Webinar
  • Video Demonstrasi
  • Infografis
  • Podcast

Cara yang baik untuk melakukan ini adalah memulai posting tamu di platform populer dalam niche Anda. Jadi ketika orang menemukan artikel tertentu, video atau podcast dll, dan di suatu tempat di sana, Anda memiliki tautan yang ditempatkan secara strategis, mereka kemungkinan besar akan mengunjungi toko online Anda.

Jika Anda memiliki toko fisik untuk pergi dengan toko online Anda, menjembatani mereka bersama-sama! Dengan alat-alat seperti Buku Magik, Anda dapat menggunakan Teknologi Dalam Toko untuk mendorong penjualan online Anda. Ini menghubungkan saluran ritel Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk melakukan konversi.

Affiliates (Afiliasi)

Metode lain untuk mendapatkan lalu lintas dan konversi yang mungkin adalah melalui pemasaran afiliasi. Ini cukup sederhana: toko / produk / layanan Anda direkomendasikan oleh pihak ke-3 dan jika pengunjung tertentu melakukan pembelian, pemberi rekomendasi mendapat hadiah.

Ada banyak cara untuk membuat program afiliasi, menggunakan kode afiliasi yang unik untuk merujuk lalu lintas ke situs target, tautan teks, spanduk, dll. Hanya kode yang harus disalin dan ditempatkan di situs mitra / afiliasi untuk mulai merujuk lalu lintas.

Mobile Marketing (Pemasaran Seluler)

Di masa depan, diperkirakan pemasaran mobile akan melebihi outlet pemasaran desktop. Untuk menjangkau audiens target di smartphone, tablet, dan / atau perangkat seluler lainnya, Anda perlu menyusun strategi yang jelas dan menjelaskan alat apa yang akan Anda gunakan:

  • Situs web
  • E-mail
  • SMS
  • Media sosial
  • Aplikasi

Memilih Alat untuk Diprioritaskan

Mungkin sulit untuk menggunakan semua alat yang dijelaskan di atas dan menjalankan kampanye paralel, itulah sebabnya mengapa harus ada penelitian untuk mencari tahu a) siapa pelanggan ideal? b) dimana mereka? setelah Anda memiliki jawaban untuk dua pertanyaan ini, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menilai saluran mana yang harus Anda prioritaskan, yang memberikan pengembalian yang cukup besar dan mana yang tidak sepadan dengan waktu dan upaya Anda.

Untuk melakukan penelitian ini, adalah ide yang baik untuk membuat persona pembeli. Persona pembeli pada dasarnya membantu Anda membuat profil akurat pelanggan ideal Anda.

Chat with Abu Amree
1
Assalamualaikum, apa yang bisa Kami bantu ?
Powered by